Jumat, 23 Agustus 2013

Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan


Nov 17 2009

Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)

Published by Amir Hamzah at 1:31 pm under About Papaya,Education
penyemaian papaya californiaTelah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, Lampung, Jambi, Batam, Kaltim, Jatim, Jateng, Jabar, Bekasi dan daerah lainnya yang ingin membudidayakan pepaya. Meskipun saya tidak khusus membuat untuk diperjualbelikan, saya hanya gunakan untuk keperluan sendiri.

Mengingat cukup banyak yang berminat untuk membudidayakan sendiri sehingga saya upayakan semaksimal mungkin membuat benih yang baik agar dapat ditanama dengan baik pula sehingga menghasilkan buah yang optimal. Karena tidak sedikit yang mengeluh pada saya dengan membeli benih di pasaran ternyata hasilnya tidak optimal. Ini ada beberapa kemungkinan: Kualitas benihnya kurang baik; benih sudah kadaluarsa, atau cara penyemaian dan penanaman yang masih kurang dikuasai.
Saya yakin para pemesan benih telah cukup menguasai bagaimana menyemai benih agar bisa tumbuh maksimal, namun ada pula pemesan yang menyampaikan kepada saya belum menguasai bagaimana proses penyemaian yang baik hingga penanaman di perkebunan.
benih pepaya califirnia
Pada kesempatan ini saya ingin mencoba bagaimana mengolah benih yang telah Anda terima.  Sebenarnya benih bisa langsung kita tanam baik di pekarangan maupun di perkerbunan, namun pada umumnya para petani dan saya pun benih tidak langsung ditanam diperkebunan, dengan pertimbangan al: mempermudah perawatan dan menghindari gangguan-gangguan.
Sebelum benih dimasukan ke dalam kantong/polibag benih perlu di rendam 1 x 24 jam atau satu malaman. Terhadap benih yang telah lama disimpan sebaiknya perlu di berikan tambahan cairan bahan perangsang secukupnya agar cepat tumbuh menjadi kecambah. Bahannya mudah didapat di toko-toko tanaman, harganya pun relatif murah.
Setelah direndam semalaman langsung di bungkus dengan koran dan kain dan kaos basah pada bagian luaruya, lalu simpan ditempat sejuk. Dalam waktu kurang lebih 1 minggu sudah menampakan menjadi kecambah yang siap di pindahkan ke masing-masing polibag yang telah disediakan.
benih californiabenih papaya california
BERSAMBUNG……… (Mempersiapkan Bibit)
nb: Saya mohonkan bagi yang telah menggunakan benih pepaya dari saya, bila tidak keberatan saya ingin mengetahui perkiraan persentage benih yang tumbuh menjadi bibit. tks.


Dec 16 2009

Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (II)

Published by Amir Hamzah
Mempersiapkan Bibit
Bibit diperoleh dari persemaian biji pepaya (benih) yang pembuatannya seperti yang telah diuraikan sebelumnya. Biji-biji yang telah berkecambah bisa langsung di tanam di perkebunan namun umumnya para petani juga saya lebih memilih disemai dahulu agar mudah dipantau perkembangannya. Penyemaian bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu disemai pada bedengan dan disemai didalam kantong plastik/polybag. Penyemaian dalam kantong plastik lebih mudah seperti pada gambar dibawah ini.
papaya california
Kantong plastik/polybag berisis media berupa tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1, ada pula media terdiri dari tanah, pasir dan pupuk kandang (1 : 1 : 1) ini untuk mempermudah pertumbuhan perakaran, juga ada yang menambah dengan sekam. Dari pengamatan semuanya cukup baik, namun yang perlu mendapat perhatian adalah pupuk kandang harus yang benar2 telah matang.
Pepaya california
pepaya california
pepaya california
pepaya california
Untuk menghindari dan melindungi dari gangguan-gangguan seperti binatang serta hujan perlu dibuatan pelindung seperti gambar dibawah ini.
pepaya california
Bersambunga ………………………….
 sumber : http://blog.agroprima.com/?page_id=95

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan komentar ... jangan spam ya.. tks