Sabtu, 31 Agustus 2013

Cara Membuat Bibit Pepaya , kebun pepaya, usaha agribisnis

1. Cara Membuat Bibit Pepaya 

Salam Petani.
Kali ini kami akan berbagi cara-cara membuat bibit tanaman pepaya, baik pepaya calina (california) ataupun pepaya bangkok. Ada 10 langkah dalam membuat bibit pepaya, yaitu:

  1. Benih pepaya dapat dibuat dengan menggunakan biji dari buah papaya yang berkualitas atau dengan membeli benih dari toko/petani. Bila akan membuat benih sendiri, pilihlah buah yang rasanya manis dan ukurannya besar agar bibit yang dihasilkan juga berkualitas baik.
  2. Jemur benih yang diperoleh dari buah sendiri dibawah matahari. Dapat juga dilumuri abu agar kadar airnya berkurang. Penjemuran jangan terlalu kering karena dapat mematikan biji tanaman.
  3. Rendam benih yang sudah kering ke dalam air hangat. Hal ini bertujuan agar benih dapat berkecambah sehingga mudah ditumbuhkan ke dalam media tanam polibag. Dapat juga menggunakan cairan perangsang pertumbuhan yang dapat dibeli di toko pertanian terdekat.
  4. Setelah benih berkecambah, maka dapat dipindahkan/ditanam di polibag agar tumbuh menjadi bibit. Tujuan pembuatan di polibag adalah untuk memudahkan penanaman di lahan. Dapat dibayangkan bila penanaman biji dilakukan secara langsung di lahan, dan apabila benih tidak mau tumbuh atau mati maka kita harus kerja 2 (dua) kali. Setiap polibag dapat diisi 2 atau 3 biji. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kematian tunas yang telah tumbuh. Penanaman di polibag juga memudahkan perawatan, penyiangan gulma, serta menghindari gangguan hama penyakit.
  5. Setiap pagi dan sore hari, hendaknya bibit di polibag disiram secara rutin agar cepat tumbuh. Setelah bibit berumur sekitar 2 sampai 3 bulan, benih dapat dipindahkan dari polibag ke lahan pertanian. sumber :http://pepayafarmoo.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-bibit-pepaya.html

 untuk menghemat maka gambar digabung dgn artikel ini gambarnya , cara penempatan bibit

Penyiapan bibit di udara terbuka.

Bibit sudah berumur 2 bulan



Bibit berumur 2 bulan

Kurangnya lahan bisa diantisipasi dengan membuat bibit di sela-sela tanaman pepaya California

2. Kebun Pepaya California "Pepaya Farmoo"


Lahan pepaya california "Pepaya Farmoo" di Purwokerto
Gambar di atas merupakan hamparan kebun pepaya California. Varietas pepaya baru yang kini digandrungi para petani karena menjanjikan keuntungan. Pepaya California memiliki keunggulan tersendiri. Buahnya lebih manis, tahan lama, dan bisa dipanen lebih cepat dibandingkan pepaya varietas lain.
Salah satu tempat penanaman pepaya California terletak di desa Karanggude Kulon, kecamatan Karanglewas, Purwokerto. Penanaman pepaya disini dilakukan oleh Pepaya Farmoo yang dipimpin oleh Tarso. Untuk mencapai lokasi kebun pepaya California ini dapat dicapai dari pusat kota Purwokerto menuju arah barat/arah Ajibarang. Setelah melewati pasar Karanglewas maka masih lurus sampai bertemu jembatan sungai Mengaji. Desa di sebelah barat sungai Mengaji adalah desa Karanggude Kulon. Letak kebun ini dapat ditanyakan pada penduduk setempat.
Pepaya California tumbuh subur bila ditanam di lahan dengan ketinggian antara 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut. Pohon pepaya ditanam dengan jarak dua setengah kali dua meter. Sehingga untuk satu hektar lahan dapat ditanam antara 1500 hingga 1700 pohon pepaya.
Yang penting diperhatikan dalam menanam pepaya California adalah pemupukan. Pemupukan harus diberikan sebelum masa tanam tiba. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik berupa kotoran hewan yang sudah terurai. Dengan pupuk yang banyak maka pohon pepaya akan tumbuh dengan subur dan buahnya besar.
Pohon pepaya California sudah bisa dipanen setelah berumur 7 hingga 9 bulan. Pohonnya dapat berbuah hingga umur empat tahun. Pemanenan dapat dilakukan setiap 4-6 hari sekali sehingga dalam sebulan dapat dipanen sampai 5 kali. Sekali panen, setiap pohon pepaya California dapat menghasilkan 3 hingga 6 buah.
Pepaya Farmoo mengelola sekitar tiga hektar lahan pepaya california. Dalam sekali panen setiap 4 hari sekali dapat menghasilkan 2 ton pepaya (musim hujan) dan 1 ton pada musim kemarau. Pepaya California banyak diminati karena ukurannya tidak terlalu besar, kulitnya lebih halus dan mengkilat.
Untuk pembelian di tempat, harga buah pepaya california Pepaya Farmoo berkisar antara Rp 2.000,- hingga Rp 2.500,- per kilogramnya. Sampai sekarang, selain menjual buah segar ke tengkulak, Pepaya Farmoo juga melayani jasa penyediaan benih, bibit, serta konseling penanaman pepaya california untuk area Purwokerto dan sekitarnya.
sumber :http://pepayafarmoo.blogspot.com/2012/09/kebun-pepaya-california-pepaya-farmoo.html

 

3. Usaha Agribisnis Sangat Menjanjikan

Perkembangan usaha di sektor pertanian memang tidak sepesat sektor yang lain, misal properti, perbankan, pertambangan, jasa dan sebagainya. Namun peluang pengembangan usaha di sektor agribisnis masih sangat terbuka lebar. Letak geografis Indonesia yang berada di khatulistiwa membuat tanah pertanian mendapat sinar matahari terus menerus sepanjang tahun . Hal ini membuat produk pertanian mampu dipanen sepanjang tahun. Berbeda halnya dengan negara di subtropis yang memiliki 4 musim. Tersedianya produk pertanian yang tanpa henti ini merupakan mata rantai usaha yang tidak akan pernah putus.

Peluang kegiatan bidang agribisnis sangat potensial dikembangkan oleh para calon entrepreneur karena bisa dikerjakan dengan skala kecil, menengah, atau besar, tergantung kemampuan yang dimiliki. Usaha agribisnis bisa dimulai dari yang terkecil hingga besar/industri. Seperti misalnya kegiatan-kegiatan usaha di bidang:

  1. Usaha di bidang pembuatan benih dan bibit
  2. Usaha di bidang penyediaan pupuk dan pestisida
  3. Usaha di bidang peralatan pertanian
  4. Usaha di bidang budidaya
  5. Usaha di bidang transportasi
  6. Usaha di bidang pengepakan
  7. Usaha di bidang penyimpanan
  8. Usaha di bidang pengolahan
  9. Usaha di bidang perdagangan (pemborong, pengepul, bandar, pemasok, supplier, pengecer)
  10. Usaha di bidang keuangan (kerjasama pemberian modal)
  11. Dan masih banyak usaha di bidang lainnya seperti asuransi, jasa dll.

Sistem pemasaran produk pertanian relatif lebih kompleks dibanding komoditas lainnya. Hal ini karena sifat produk pertanian tidak sama satu dengan lainnya seperti dalam hal penangan pasca panen. Selain itu, produk pertanian juga bisa masuk ke segala lapisan pasar seperti pedagang eceran, toko, grosir, restoran, hotel, pasar tradisional, pasar swalayan sampai ekspor.

Kepada para calon entrepreneur, Anda bisa memilih bidang-bidang mana yang dirasakan mampu untuk digeluti, bisa pula memilih dengan memulai dari usaha kecil-kecilan/eceran dengan satu dua jenis komoditi sambil terus mengamati. Teruslah belajar dan mempelajari hingga menjadi besar sampai menjadi pengusaha yang mampu menyerap lapangan kerja.

Jangan pernah berhenti berusaha dan jangan menyerah karena gagal.
sumber : http://pepayafarmoo.blogspot.com/2013/05/usaha-agribisnis-sangat-menjanjikan.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan komentar ... jangan spam ya.. tks